Jumat, 19 Juni 2015

5 Adab Puasa

1. Makan Sahur dan Mengakhirkannya
Rasulullah shalallahu alaihi wassalam bersabda, “Bersahurlah kalian, sesungguhnya di dalam makan sahur itu mengandung keberkahan.” (HR. Bukhari, no. 1923)

Dalam hadits Zaid bin Tsabit dari Anas bin Malik mengatakan, “Kami makan sahur bersama Rasulullah shalallahu alaihi wassalam, setelah itu dilaksanakan shalat. Lantas aku bertanya kepada Zaid bin Tsabit, “Berapa jeda antara adzan dan makan sahur?” Zaid bin Tsabit menjawab, “Sekitar lima puluh ayat.” (HR. Bukhari, no. 1921)

2. Menyegerakan Berbuka
Rasulullah shalallahu alaihi wassalam bersabda, “Manusia senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka.” (HR. Bukhari, no. 1957)

3. Mengawali berbuka dengan kurma atau beberapa teguk air
Anas bin Malik mengatakan, “Sebelum shalat (maghrib) Nabi berbuka dengan beberapa butir ruthab (kurma basah), apabila tidak ada ruthab, beliau berbuka dengan beberapa tamr (kurma kering). Dan apabila tidak ada tamr, beliau minum beberapa teguk air.” (HR. at-Tirmidzi, no. 692)

4. Berdoa ketika Berbuka
Ibnu Umar meriwayatkan bahwa Nabi kala berbuka membaca :

ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ وَثَبَتَ الأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللَّهُ

“Rasa haus telah hilang dan urat-urat telah basah, dan pahala telah ditetapkan, insyaAllah.” (HR. Abu Dawud, no. 2357)

5. Menjauhi perbuatan haram dan sia-sia
Rasulullah shalallahu alaihi wassalam bersabda, “Barangsiapa tidak meninggalkan perkataan dan perbuatan dusta, maka Allah ta'ala tidak membutuhkan (puasanya berupa) meninggalkan makan dan minumnya.” (HR. Bukhari, no. 1903)

• Mari jadi orang baik dan benar •

• Jaga iman - Dirikanlah shalat - Jaga akhlak - Jaga kesehatan - Tutuplah aurat •

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BACAAN DZIKIR PAGI DAN PETANG

  اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُه أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ       *A'uudzu billaahi minas...