Selasa, 29 Maret 2016

12 Sebab Kenapa Harus Selalu Peluk Anak


Sebuah pelukan adalah bentuk afeksu yang paling efektif untuk mengekspresikan rasa kasih sayang kepada anak, jauh lebih efektif bila dibandingkan dengan sebuah hadiah atau pemberian.
Sebuah pelukan (terlebih yang dilakukan dengan penuh perasaan) akan dapat memberikan rasa aman, nyaman, hangat, tenang dan tentram pada anak-anak.
Sebuah pelukan juga mempengaruhi munculnya perasaan penuh kasih saying untuk diberikan kepada sesama.
Anak-anak yang mendapat pelukan dari orangtua akan membantu membentuknya menjadi pribadi yang punya rasa empati tinggi.
Ajaibnya Pelukan Seorang Ibu
  1. Ia menyehatkan jiwa dan tubuh. Pelukan meningkatkan self esteem dan berupaya mendorong lebih baik daripada nasehat.
  2.   Ia mampu menyembuhkan hati yang terluka. Hanya dengan kekuatan pelukan, ia mampu sampai ke dasar hati. Pelukan adalah cara terbaik membujuk anak dan menetramkan hatinya.
  3. Ia menguatkan system imun. Sentuhan yang tepat merangsang kelenjar tymus yang mana akan merangsang produksi sel darah putih, komponen utama system pertahanan tubuh manusia. Jadi selalulah peluk anak yang sakit.
  4. Ia dapat meningkatkan mood dan menaikkan skala kegembiraan. Pelukan yang lama meningkatkan arus hormon serotonin dalam tubuh.
  5. Ia mampu melepaskan segala tekanan dan meregangkan otot. Ia dapat merangsang pengaliran darah ke sel-sel tubuh, sehingga bias mengurangi rasa sakit.
  6. Ia dapat mengimbangi system system syaraf. Pelukan dan Sentuhan merangsang kulit. Dengan itu berupaya meningkatkan kelembaban dan elektrisiti selalu merangsang keseimbangan sistem syaraf  parasimpatetik.
  7. Ia menanam sifat empati dan saling  memahami.  Tenaga yang terhasil antara ibu dan anak dapat memperbaiki dan meningkatkan komunikasi dan hubungan. Jika merasakan anak kurang memahami kita, peluklah dia selalu.
  8. Pelukan terhadap bayi dapat merangsang perkembangannya dengan lebih cepat. Anak yang jarang di peluk mempunyai tahap perkembangan berjalan, bercakap dan membaca sedikit lambat. Ayo… Peluk anak lebih banyak sekarang.
  9. Ia merangsang pengaliran darah. Pelukan ibu dapat menyehatkan jantung, mengurangkan tekanan darah tinggi, dan mengimbangi deguban jantung. Cuma dengan 10 kali pelukan setiap hari dapat mengubah tindak balas, blokimia dan fisiologi tubuh. Hebat kan???
  10. Ia meningkatkan IQ anak. Pelukan dan sentuhan merangsang pengaliran darah ke otak. Dengan itu bekalan oksigen dapat sampai ke otak utnuk mudah belajar, mudah faham, besar hati dan bagus mengawal fikirannya.
  11. Ia membantu mengawal emosi negatif. Anak akan belajar untuk lebih rasional, tidak mudah marah, lebih tenang, tidak mudah putus asa, tidak benci dan tidak mudah merasa gagal.
  12. Ia mengajar bagaimana untuk memberi dan menerima. Pelukan mendidik apa itu nilai kasih sayang dengan memberi, menerima dan saling berkongsi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BACAAN DZIKIR PAGI DAN PETANG

  اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُه أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ       *A'uudzu billaahi minas...